Selasa, 21 Desember 2010

90 Hari Pertama

Mas dan Mbak semua pernah ketemu dengan buku terjemahan yang berjudul 90 Hari Pertama. Strategi Penting Untuk Berhasil Bagi Semua Pemimpin di Semua Level. Karya dari Micahel Watkins (Assoc Professor Administrasi Bisnis di Harvard Bussines School). Keren kan? Beberapa bulan yang lalu saya dapat hadiah dari sahabat saya ketika masih kuliah di Jogja. Tujuannya sih agar saya bisa lebih mudah beradaptasi di lingkungan pekerjaan pasca meninggalkan pojok bangku kuliah. Tapi nyatanya saya baru baca buku tersebut beberapa hari yang lalu. Setelah sedikit membaca, ada sih yang nyantol di otak tapi memang agak abstrak untuk dilakuin. Yah, minimal menurut saya buku itu sangat penting untuk kita-kita yang sedang belajar untuk berada pada satu posisi tertentu di perusahaan ataupun di organisasi. Intinya mempermudah kita untuk proses menghadapi segala sesuatu yang mungkin akan terjadi di lingkungan kita yang baru. Tidak terlepas untuk yang bekerja di ranah wirausaha, tapi juga untuk public sector macam pegawai negeri sipil lah. Memang saya belum membaca secara keseluruhan isi dari buku itu tapi minimal saya bisa meresensi sedikit isi dari buku tersebut. Ya, nulisnya ini juga sambil buka-buka buku itu. Siapa tahu nanti mas-mas dan mbak-mbaknya sekalian membutuhkan buku ini untuk mengelola perusahaannya. Oya, beberapa isi dari buku tersebut sudah sering jadi isi dari twits saya. Bagi yang ingin follow bisa follow ke @hasanbasrietos ya. Sip. Nuwun.
Buku ini mengajak pembaca untuk memahami kejadian-kejadian yang mungkin akan terjadi dari sebuah organisasi dan untuk orang-orang dalam posisi barunya. Nah, di buku ini diuraikan menjadi sepuluh bab yang secara runtut menceritakan proses yang akan dialami oleh seseorang yang berada dalam posisi baru dalam sebuah organisasi. Pembahasan buku ini tidak akan lepas dari istilah transisi. Di hampir setiap bab ditekankan tentang pentingnya momen transisi dan pentingnya meraih kesuksesan pada masa transisi tersebut. Pembaca akan diperkenalkan pada empat jenis kondisi perusahaan atau organisasi yang harus diidentifikasi secara cepat oleh pelaku yang akan masuk ke dalamnya, yang disingkat dengan STaRS. Kepanjangannya adalag Start Up, Turn Around, Realignment, dan Success Sustaining. Untuk deskripsi masing-masing silakan dibaca sendiri lah pada pendahuluannya. Penulis akan membawa pembaca untuk memulai dari mempromosikan diri, mempercepat pembelajaran, mencocokkan strategi dengan situasi, meraih kesuksesan awal, menegosiasikan kesuksesan, mencapai keselarasan, membangun tim, membangun koalisi, menjaga keseimbangan, dan bab terakhir adalah kembangkan semua orang.
Intinya penulis akan membawa pembaca untuk mengikuti alur berfikir bahwa pembaca akan memulai sebuah kesuksesan pada kesuksesan kecil pada dirinya sendiri dan goal akhir adalah kesuksesan bersama, kesuksesan sistem, dan mempertahankan kesuksesan tersebut. Secara spesifik saya nggak menyarankan untuk membaca bab per bab. Soalnya akan bingung. Sebaiknya bacalah pendahuluan dan daftar isinya sehingga kita tahu goal kita pasca membaca buku ini apa. Nah, mungkin untuk uraian setiap bab saya tidak akan menuliskannya. Selain waktunya nggak efektif, saya juga belum baca semuanya dan yang sudah dibaca banyak yang lupa. He..he..
Nah, menurut saya buku ini cukup bagus untuk mengarahkan pembaca pada setiap babnya karena pada setiap bab akan diawali dengan cerita sebuah kesukesan atau kegagalan pada seseorang yang sedang berada pada masa transisi. Jadi sudah enjoy duluan membacanya. Sayang ya, saya belum selesai juga. Nah, poin-poin yang diuraikan pun dibahas secara gamblang dan akademis. Setiap bab atau persoalan akan diberikan sebuah sarana untuk melakukan simulasi sendiri sehingga mudah untuk melakukan identifikasi. Setiap bab akan sangat berhubungan dengan bab lainnya sehingga sekali lagi saya sangat tidak menyarankan untuk membaca secara acak. Setiap pembahasan juga dilengkapi diagram yang memudahkan pembaca untuk menuangkan satu pokok pikiran dalam setiap bab ke dalam diagram tersebut. Buku setebal 338 halaman ini menurut saya sangat mampu untuk membuat kita berfikir ulang (bagi yang sudah terlanjur nyemplung), apakah kita sudah berada dalam track yang seharusnya ataukah kita hanya ikut-ikutan arus saja? Nah, buat yang masih berkecimpung dalam organisasi di kampus atau kampung, atau manapun itu, bacalah buku ini dan mulailah berubah dengan sistem pengelolaan ala dulu. Dengan softcover yang cukup tebal dan ukuran yang kecil, membuat buku ini mudah ditaruh di tas, atau dicangking (buat gaya-gaya). He..he..
Intinya segera beli, nikmati, dan bergayalah dengan buku ini. Kalau nggak mampu nyerap isinya (kayak saya) minimal mas dan mbak sekalian bisa membuatnya menjadi bantal (saat kuliah atau di kelas), melempar kucing yang naik ke atas meja makan, memukul nyamuk, menyobek untuk dibuat pesawat kertas, atau dijual ke loakan untuk dipake buat bungkus tempe. He..he..,maksud saya, kalau nggak mampu menyerap isinya minimal bisa nggaya bahwa mas dan mbak sudah pernah membaca buku itu. Kalau dibawa ke kampus dan dibaca di tengah-tengah kerumunan saya yakin pasti kamu akan PD untuk dikatakan “mahasiswa pintar dan rajin”. He..he..Oke, selamat menikmati

-Oya, penerbitnya Serambi, kategorinya Buku Untuk Bisnis-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar